– Nama class adalah nama dari obyek class yang akan kita buat.
– Property/attribute adalah deklarasi variable diluar prosedure dan function.
– Method adalah suatu operasi yang berupa fungsi yang fapat dikerjakan oleh object. Didalam
method terdapat perintah public dan static.
Public merupakan method-method yang dapat dipanggil didalam dan juga diluar class atau untuk seluruh method dari class, sedangkan static adalah deklarasi tetap dikelas utama.
Contoh Program Java :
Class.java :
package class1; public class Class1 { public static void main(String[] args) { class_1 mtk = new class_1(); mtk.perkalian(10,20); mtk.hasil_penambahan = mtk.penambahan(10,20); System.out.println("hasil penambahan= "+mtk.hasil_penambahan); } }Class_1.java :
package class1; public class class_1 { static int hasil_penambahan = 0; public static void perkalian (int angka1,int angka2) { System.out.println("hasil kali=" +angka1 * angka2); } public static int penambahan(int angka1, int angka2){ return angka1+angka2; } }
Contoh Progam C++ :
#includeusing namespace std; class operasi_matematika { public : int hasil_penambahan = 0; void perkalian(int angka1,int angka2) { cout << "hasil kali = "<< (angka1*angka2) << endl; } int penambahan (int a1,int a2) { return a1 + a2; } }; int main() { operasi_matematika a; cout << " penambahan = "<< a.penambahan(10,20) << endl; a.penambahan(20,10); a.perkalian(20,10); return 0; }
Contoh Progam C# (Csharp) :
Program.cs :
using System; namespace class_1 { class Program { public static void Main(string[] args) { class1 mtk = new class1(); Console.WriteLine("penambahan =" + mtk.penambahan(10,20)); mtk.penambahan(20,10); mtk.perkalian(20,10); Console.ReadKey(true); } } }
Class1.cs :
using System; namespace class_1 { public class class1 { public int hasil_penambahan = 0; public void perkalian (int a1,int a2) { Console.WriteLine("hasil perkalian ="+(a1*a2)); } public int penambahan (int a1, int a2) { return a1+a2; } } }
Sekian Dari saya,, Terima kasih
Semoga bermanfaat
0 komentar:
Posting Komentar