– Nama class adalah nama dari obyek class yang akan kita buat.
– Property/attribute adalah deklarasi variable diluar prosedure dan function.
– Method adalah suatu operasi yang berupa fungsi yang fapat dikerjakan oleh object. Didalam
method terdapat perintah public dan static.
Public merupakan method-method yang dapat dipanggil didalam dan juga diluar class atau untuk seluruh method dari class, sedangkan static adalah deklarasi tetap dikelas utama.
Contoh Program Java :
Class.java :
package class1;
public class Class1 {
public static void main(String[] args) {
class_1 mtk = new class_1();
mtk.perkalian(10,20);
mtk.hasil_penambahan = mtk.penambahan(10,20);
System.out.println("hasil penambahan= "+mtk.hasil_penambahan);
}
}
Class_1.java :package class1;
public class class_1 {
static int hasil_penambahan = 0;
public static void perkalian (int angka1,int angka2)
{
System.out.println("hasil kali=" +angka1 * angka2);
}
public static int penambahan(int angka1, int angka2){
return angka1+angka2;
}
}
Contoh Progam C++ :
#includeusing namespace std; class operasi_matematika { public : int hasil_penambahan = 0; void perkalian(int angka1,int angka2) { cout << "hasil kali = "<< (angka1*angka2) << endl; } int penambahan (int a1,int a2) { return a1 + a2; } }; int main() { operasi_matematika a; cout << " penambahan = "<< a.penambahan(10,20) << endl; a.penambahan(20,10); a.perkalian(20,10); return 0; }
Contoh Progam C# (Csharp) :
Program.cs :
using System;
namespace class_1
{
class Program
{
public static void Main(string[] args)
{
class1 mtk = new class1();
Console.WriteLine("penambahan =" + mtk.penambahan(10,20));
mtk.penambahan(20,10);
mtk.perkalian(20,10);
Console.ReadKey(true);
}
}
}
Class1.cs :
using System;
namespace class_1
{
public class class1
{
public int hasil_penambahan = 0;
public void perkalian (int a1,int a2)
{
Console.WriteLine("hasil perkalian ="+(a1*a2));
}
public int penambahan (int a1, int a2)
{
return a1+a2;
}
}
}
Sekian Dari saya,, Terima kasih
Semoga bermanfaat



0 komentar:
Posting Komentar